Berita Sekolah

(3 pemilihan)
Ma'am Risya selaku Wakil Kesiswaan menjadi pengarah dalam Rapat kerja perdana OSIS masa bakti 2018/2019 Ma'am Risya selaku Wakil Kesiswaan menjadi pengarah dalam Rapat kerja perdana OSIS masa bakti 2018/2019

Pengurus OSIS Periode 2018/2019 Melakukan Konsolidasi dalam Rapat Kerja

JAKARTA - Setelah sebelumnya melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi pada 5 - 6 Oktober lalu, kini Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Kartika VIII-1 masa bakti 2018/2019 menyelenggarakan Rapat Kerja perdananya, pada tanggal 19 - 20 Oktober 2018. Di dalam keorganisasian OSIS, sudah seharusnya pengurus dituntut untuk saling bertukar pikiran mengisi kekurangan satu sama lain, memadukan ataupun menyatukan satu tujuan. Dalam menyatukan hal tersebut pastinya memiliki pedoman maupun acuan suatu organisasi.

Guna memaksimalkan peran dan fungsi OSIS, maka setiap program kegiatan harus memiliki dasar utama yakni Rapat Kerja OSIS. Sebagai dasar dari seluruh program kerja, maka Rapat Kerja OSIS SMA Kartika VIII-1 dilaksanakan berdasar pada musyawarah mufakat dengan sifat bebas terikat. Dengan menjadikan Rapat Kerja OSIS sebagai dasar yang kuat bagi Program Kerja selanjutnya maka pengurus OSIS SMA Kartika VIII-1 masa bakti 2018/2019 menyeleggarakan Rapat Kerja OSIS 2018/2019 berdasarkan atas keputusan seluruh pengurus. Rapat Kerja ini diadakan sedemikian rupa sehingga dapat melatih dan menambah pengalaman bagi para pengurus agar dapat lebih memberikan kontribusi yang maksimal dalam melaksanakan program-programnya di kemudian hari.

raker osis 2018 2

Rapat kerja di hari pertama dihadiri oleh total 33 pengurus OSIS dari total 37 orang pengurus. Empat anggota lainnya berhalangan hadir karena sakit dan keperluan keluarga. Didampingi oleh Ma’am Risya selaku Wakil Bidang Kesiswaan, Mr. Anwar selaku Wakil Kurikulum, serta Pak Ivan selaku Staff Bidang Kesiswaan, rapat ini dilangsungkan di ruang kelas XI MIA 1 mulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 16.00 WIB. Diawali oleh laporan ketua pelaksana, kemudian sambutan ketua OSIS terpilih Ivander Federico dan Wakil Kesiswaan, dilanjutkan dengan pembagian divisi sesuai dengan AD/ART.

Dalam sambutannya, ketua OSIS mengatakan bahwa rapat kerja kali ini harus menghasilkan program maupun kegiatan yang nantinya mampu untuk dilaksanakan dengan dukungan dan serta waktu yang mencukupi. Kemudian dirinya juga meminta agar seluruh anggota dapat memberikan sumbangan pemikirannya demi terwujudnya OSIS yang berintegritas dan kemudian melaksanaknnya dengan penuh tanggung jawab.

Senada dengan sang ketua OSIS, Ma’am Risya dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari Rapat Kerja pengurus OSIS sejatinya adalah untuk mempersiapkan program-program kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan selama masa bakti periode mereka. Walaupun sebenarnya pelantikan anggota OSIS ini mundur dari jadwal, yang mana baru akan dilaksanakan Senin pekan depan, namun rapat kerja ini tidak bisa ditunda-tunda lagi mengingat jadwal sosialisasi program kerja mereka yang harus dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober yang kebetulan bertepatan dengan salah satu program mereka yakni memperingati Hari Sumpah Pemuda.

raker osis 2018 5

raker osis 2018 6

Beliau juga mengatakan ke depannya ketua OSIS terpilih akan menjadi pengawas ataupun pemantau dari setiap rapat yang akan dilaksanakan. Adapun ketua rapat berasal dari anggota. Dalam kaitannya tentang pelaksanaan program-program kerja nanti, ramai atau tidaknya suatu kegiatan yang diadakan oleh OSIS bergantung pada keaktifan serta kerja keras dari para anggota yang merupakan salah satu tugas OSIS untuk menjadi motor penggerak di setiap kegiatan sekolah yang tujuan akhirnya adalah agar sekolah kita tercinta ini mampu mempertahankan eksistensinya di luar lingkungan sekolah.

Untuk menutup kegiatan, beliau kemudian sedikit menjelaskan tentang makna dari logo OSIS serta menjelaskan tentang apa itu AD/ART. Selanjutnya beliau languns membagi para anggota sesuai dengan divisinya masing-masing. Rapat pun dilanjutkan keesokan harinya.

Di hari kedua, rapat dimulai pukul 08.00 hingga 14.00 dan dihadiri oleh 35 anggota pengurus serta beberapa perwakilan dari pengurus OSIS sebelumnya. Diawali oleh laporan ketua pelaksana yang dalam hal ini diwakili oleh Adrian Setyo, dilanjutkan dengan sambutan wakil kesiswaan serta staff kesiswaan dan ketua OSIS demisoner Emilliana Putri Ariskha. Setelah itu pemilihan ketua panitia untuk menggantikan team adhoc.

Ketua pelaksana menginstruksikan kepada seluruh pengurus untuk berdiskusi tentang program kerja sesuai dengan divisinya selama satu tahun ke depan berdasarkan AD/ART yang ada. Untuk kemudian dikoreksi program kerja dari masing-masing divisi tersebut oleh wakil kesiswaan sebelum akhirnya dilakukan presentasi oleh tiap-tiap divisi.

Kita sebagai warga sekolah berharap agar seluruh program yang telah direncanakan tersebut dapat terealisasi dengan sempurna.

 

Photo by : Emilliana Putri Ariskha (XII MIA 1)

 

Berbakat dalam menulis? Punya tulisan yang menarik? Kirimkan tulisanmu ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. agar dapat berbagi pikiran dengan pembaca lain. Tulisan bersifat inspiratif, fakta atau opini, bukan fiksi, orisinal, bukan hasil copy-paste, tidak menyinggung unsur SARA atau mengandung HOAX. All credit goes to the author.

Baca 9927 kali